Sabtu, 21 Mei 2011

pelajaran hari ini..

Hari ini banyak pelajaran yang kudapat. Tadi pagi aku terlambat ke sekolah. Kena marah ayah padahal yang bikin terlambat ayah. Trus kekunci di depan gerbang sekolah. Aku hanya bisa mendesah menyadari keterlambatanku yang sudah empat kali. Untuk ketiga kali kemarin orangtuaku harus dipanggil dan sekarang tentu juga akan dipanggil. Berbagai kata kurangkai untuk meloloskanku agar orangtuaku tak dipanggil ke sekolah. Aku takut jika orangtuaku dipanggil ke sekolah maka aku akan dipindah ke sekolah yang lain. 
Tak pernah kuduga sebelumnya masalah keterlambatanku harus dibawa ke kepala sekolah. Pak kepala menasihatiku panjang lebar hingga membuatku tak lagi dapat bersuara. Jam pertama dan keduakupun melayang karena ini semua, padahal ini adalah jam batikku yang sangat penting. Mau tak mau aku harus melembur batik nanti siang sedangkan aku ada jadwal extra jurnalistik.
Sampai di kelas entah mengapa aku tak dapat memendam rasa sedihku. Ini kali pertamaku menangis di kelas delapan. Semua teman-temanku yang tak pernah melihatku menangis lantas menaruh perhatian besar padaku. Berbagai cara mereka lakukan untuk membuatku tersenyum.
Siangnya aku berniat untuk meminta ijin kepada guru pengampu extra jurnalistik agar diijinkan melembur batik. Namun aku justru kena marah. Akhirnya batikku yang kukorbankan. Meski hatiku kembali sakit, namun aku berusaha untuk mensyukuri semua ini setelah mendengar salah satu cerita temanku. Beberapa bulan lamanya aku mengenalnya, namun baru saat ini aku menyadari betapa hebatnya dia. Dia jago fisika. Kalu dibilang anak paling pintar, kayaknya nggak. Tapi dia tekun dan selalu bersyukur. Hingga akhirnya keinginannyapun terwujud.
Setelah usai jurnalistik, Erisa memberitahuku bahwa yang melemburkan batikku adalah Ruri dan Elida. Aku terkejut melihat empati mereka yang begitu besar. Entah apa yang dapat kulakukan untuk membalas semua kebaikan mereka hari ini. Mereka adalah temanku yang setia, yang empati, yang sabar, dan penuh semangat.
Terimakasih untuk seluruh pelajaran yang telah kalian berikan teman-temanku, TraSaDA..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar